Lomba Kebut Gunung Boyolali Part #2

Setelah Sukses Dengan Kebut Gunung Boyolali Part #1 Kali Ini DISPORAPAR Kab. Boyolali Kembali Mengadakan Acara Kebut Gunung Boyolali Part #2. Kebut Gunung Boyolali Part #2 ini berhadiah total Rp. 49.500.000, Gede Bukan ? Yakin nggak mau ikutan ? :-) Buat Kalian yang belum tau kebut gunung itu adalah suatu kompetisi atau perlombaan lintas alam dengan lokasi perlombaan berada di alam terbuka di kawasan wisata Gunung Merapi dan Merbabu, Selo, Boyolali. Obyek yang dilintasi antara lain kawasan observasi elang Jawa, Gua Jepang, Tanjakan Langit dan destinasi wisata lainnya. Perlombaan ini memadukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan berjalan dan berlari. Rute yang akan dilewati adalah jalan menanjak dan menurun yang terdiri dari jalan umum berupa aspal, beton, tanah dan berbatu yang melewati perkampungan, ladang, bukit dan lembah dengan jarak tempuh + 20 km. Event ini dilaksanakan di alam terbuka dengan perubahan cuaca yang harus diantisipasi peserta seperti hujan disertai petir, cuaca dingin dan panas serta bencana alam lain seperti longsor, angin kencang. KEBUT GUNUNG 2017 menuntut peserta untuk memiliki semangat, stamina prima, serta sportifitas yang tinggi agar dapat melewati rute perlombaan yang ditentukan. 
Kebut Gunung 2017, Event Boyolali, Visit Boyolali, Advanture Indonesia, Visit Indonesia

Ketentuan syarat lomba
1.      Ketentuan lomba
a.       Kategori kelompok (beregu)
b.      Setiap kelompok berjumlah 4 (empat) orang, dengan minimal 1 (satu) anggota perempuan yang berasal dari lembaga/organisasi/umum/WNA
c.       Bukan TNI/Polri
d.      Peserta Lomba Kebut Gunung Merapi 2016 yang meraih Juara I s/d VI tidak diperkenankan mengikuti perlombaan ini
e.       e.Kuota sebanyak 250 regu/ kelompok (1000 peserta)
2.      Penilaian
a.       Penilaian dalam perlombaan ini berdasarkan ketepatan waktu, keutuhan regu, kekompakan dan kuesioner serta penilaian lain dari juri.
b.      Cut off time selama 7 (tujuh) jam atau 420 menit dihitung sejak waktu start.
c.       Check point diberikan bagi regu yang utuh dalam jumlah peserta pada pos yang ditentukan untuk meneruskan perlombaan.
3.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 22-23 Juli 2017
Daftar ulang : Sabtu, 22 Juli 2017 10.00-15.00 WIB
Technical Meeting : Sabtu, 22 Juli 2017 16.00-18.00 WIB
Pelaksanaan Lomba : Minggu, 23 Juli 2017 07.00 WIB (diawali dengan seremonial)
Start dan finish : Lapangan Desa Samiran, Selo
4.      Peserta :
a.       Berusia minimal 16 tahun pada Bulan Juli 2017.
b.      Peserta yang berusia 16 tahun wajib menyertakan surat pengantar dari sekolah
c.       Warga Negara Indonesia (WNI) / Warga Negara Asing (WNA)
5.      Kelengkapan administrasi
a.       Mendaftar secara langsung di tempat pendaftaran Lomba Kebut Gunung 2017 di Sekretariat atau via POS dengan alamat Jl. Pemuda No. 10 Kampung Gudang, Siswodipuran, Boyolali.
b.      Waktu pendaftaran tanggal 7 April 2017 – 8 Juli 2017 setiap hari Jumat dan Sabtu (pada jam 10.00 – 17.00 WIB);
c.       Mengisi formulir pendaftaran;
d.      Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan bisa diunduh di www.boyolali.go.id
e.       Menyerahkan fotokopi identitas yang masih berlaku (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/Passport) dan dapat menunjukkan yang asli pada waktu daftar ulang.
f.        Menyerahkan Surat pengantar dari Sekolah bagi yang berusia 16 tahun.
g.      Panitia berhak menolak dan membatalkan kepesertaan bilamana peserta tidak dapat menunjukkan kartu identitas yang asli pada saat daftar ulang.
h.      Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
i.        Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter
j.        Mengisi dan menyerahkan Surat Pernyataan Mengikuti Perlombaan dan bersedia mematuhi segala aturan dan ketentuan lomba bermaterai Rp 6.000,-.
k.      Peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran atau GRATIS.
6.      Fasilitas :
a.       Fasilitas per orang berupa tanda peserta dan asuransi.
b.      Fasilitas per regu berupa ID-Card dan kartu checking.
c.       Tersedia akomodasi penginapan (terbatas). Peserta disarankan bisa menginap di homestay di sekitar lokasi atau mendirikan tenda.
7.      Hadiah
Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba ini oleh juri/ panitia berhak memperoleh hadiah berupa :
Juara I : Rp 17.000.000,- dan tropi
Juara II : Rp 8.000.000,- dan tropi
Juara III : Rp 4.500.000,- dan
tropi Juara IV : Rp 3.000.000,- Juara V : Rp 2.000.000,- Juara VI - X : Rp 1.000.000,-
Total hadiah Rp 39.500.000,- [Tiga puluh sembilan juta lima ratus ribu rupiah].
8.      Perlengkapan wajib peserta Logistik, perlengkapan dan obat-obatan pribadi serta alat tulis (bolpoin)
9.      Technical Meeting (Temu Teknik)
Setiap regu wajib mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Technical Meeting pada: Hari / Tanggal : Sabtu, 22 Juli 2017
Waktu : 16.00 – 18.00 WIB
Tempat : SD Negeri 1 Selo
Regu yang tidak mengikuti technical meeting dianggap menyetujui peraturan dan ketentuan lomba.
10.  Pendaftaran
a.       Pendaftaran 7 April s/d 8 Juli 2017 atau jika kuota sudah terpenuhi.
b.      Apabila jumlah peserta sudah memenuhi kuota sebelum tanggal pendaftaran berakhir maka pendaftaran akan ditutup tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.
11.  Ketentuan dan Peraturan Perlombaan
a.       Setiap kelompok peserta harus melakukan perlombaan di bawah kekuasaan mereka sendiri tanpa bantuan roda atau mekanik dukungan.
b.      Semua peserta harus berkumpul di lokasi perlombaan 1 jam sebelum perlombaan dimulai. Waktu berkumpul adalah pukul 06.00 WIB.
c.       Peserta yang terlambat didiskualifikasi.
d.      Sebagian rute lomba berada di kawasan yang dilindungi dari segala bentuk perusakan, untuk itu dibutuhkan dukungan dari seluruh peserta untuk sepenuhnya menyadari dan mematuhi aturan sebagai berikut : - Peserta dilarang mengganggu peserta lain dalam hal/bentuk apapun selama perlombaan berlangsung. - Jika mengganggu jalannya perlombaan akan didiskualifikasi. - Peserta diwajibkan selalu berada di lintasan selama perlombaan berlangsung. Akan ada bagian di mana peserta tidak akan mampu melewati satu sama lain dalam rangka untuk melindungi lingkungan dan lancarnya perlombaan. Peserta harus mematuhi marka yang ditetapkan panitia saat lomba. - Dilarang memindahkan, mengambil, merusak, menebang dan/atau membunuh segala jenis tanaman, hewan dan benda lain yang ditemukan di sepanjang rute serta dalam area lomba secara keseluruhan. - Dilarang memotong rute perlombaan karena bisa merusak vegetasi yang ada. - Dilarang membuang sampah sembarangan di sepanjang rute.
e.       Apabila tersesat kembali ke tempat terakhir dimana marka terlihat. Setiap peserta wajib mempelajari rute lomba serta memahami semua ketentuan lomba.
f.        Menyelesaikan perlombaan sesuai dengan cut off time/penghentian lomba (7 jam)
g.      Mematuhi dan mengikuti instruksi yang ditentukan oleh Panitia.
h.      Bertindak sportifitas.
i.        Peserta yang mencari keuntungan waktu dengan memperpendek jarak lomba, membonceng kendaraan, dan kecurangan/pelanggaran lainnya terhadap ketentuan lomba langsung dikenakan diskualifikasi.
j.        Panitia berhak untuk merubah rute perlombaan, menunda perlombaan atau membatalkan perlombaan apabila terjadi sesuatu yang dinilai dapat membahayakan peserta.
k.      Seluruh materi foto peserta beserta turunannya dalam bentuk promosi maupun fotografi pada saat lomba adalah milik panitia dan dapat dipergunakan seluasluasnya untuk kepentingan promosi dan penggandaan lebih lanjut.
l.        Peserta wajib menggunakan atribut lomba yang disediakan oleh panitia dan harus terlihat jelas oleh petugas lapangan, juri dan/ atau panitia.
m.    Peserta yang tidak memasang/mengenakan atribut perlombaan dan tidak membawa kartu checking dengan lengkap dan benar dinyatakan diskualifikasi.
n.      Start dilakukan bersamaan.
o.      Panitia berhak mengubah waktu start dengan alasan khusus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, namun panitia akan berusaha untuk menginformasikan perubahan waktu start lomba kepada peserta.
p.      Peserta dilarang membawa dan menggunakan senjata tajam, senjata api, narkoba dan miras. Peserta yang diketahui melanggar akan didiskualifikasi dan dilaporkan kepada pihak berwajib untuk diproses sesuai dengan ketentuan perundangundangan yang berlaku.
q.      Dilarang memprovokasi dan terlibat provokasi antar peserta dalam satu kelompok maupun beda kelompok dan juga panitia. Bagi peserta yang melakukan hal tersebut akan didiskualifikasi.
r.        Setiap peserta secara fisik dan mental harus memiliki kemampuan dalam mengatasi kondisi kelelahan yang ekstrim, masalah pada perut, nyeri otot dan cedera fisik ringan yang mungkin terjadi saat perlombaan.
s.       Rute perlombaan yang digunakan merupakan area umum dan tidak akan tertutup untuk masyarakat. Pada saat perlombaan memungkinkan peserta berpapasan dengan penduduk lokal.
t.        Dilarang merusak segala jenis properti perlombaan atau petunjuk dari panitia yang berada di sepanjang rute.
u.      Dilarang membuat kegaduhan saat melewati rute perlombaan di area pemukiman.
12.  Mundur dari Perlombaan
a.       Jika tim atau regu memutuskan untuk tidak melanjutkan lomba, diminta untuk segera menyampaikan kepada panitia atau petugas dari posisi terdekat.
b.      Melepas ID-Card dan menyerahkannya kepada panitia agar bisa dilakukan pencatatan.
c.       Tim atau regu yang keluar dari perlombaan maka tidak diperkenankan untuk kembali ikut dalam perlombaan.
13.  Pembatalan dan Perubahan Peserta
a.       Perubahan peserta yang sudah terdaftar harus mendapat persetujuan dari Panitia.
b.      Nomor pendaftaran lomba tidak dapat dipindahkan ke pihak lain.
14.  Penghentian/Cut-off Waktu
Bagi peserta yang tidak dapat menyelesaikan perlombaan dalam 7 jam, panitia lomba akan mengarahkan untuk tidak melanjutkan lomba.
15.  Ketentuan Penetapan Pemenang
Pemenang ditentukan oleh tim juri dengan peserta yang memiliki skor tertinggi dengan kriteria penilaian : ketepatan waktu, keutuhan regu, kekompakan dan hasil kuesioner.
16.  Hal-hal lain yang belum tercantum dalam peraturan ini akan ditetapkan kemudian.
17.  Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Jadi tunggu apa lagi segera daftar dan menangin hadiahnya mumpung di perpanjang sampai tanggal 20 Juli 2017 :-)

Comments

Popular posts from this blog

Bangga Ketika Jejak Digital Sampai Negeri Orang.